Total Tayangan Halaman

Kamis, 16 Desember 2010

Ketika Harga sudah menjadi Pembatas Dimensi

            Di zaman modern banyak sekali inovasi-inovasi yang telah banyak dilakukan, baik industri, sistem, teknologi, etc. Salah satu fenomenal ialah sistem pertukaran. Dahulu kita mengenal sistem pertukarannya dengan Barter, namun kini kita mengenal "Mata Uang" bahkan sekarang bisa transaksi jarak jauh dengan menggunakan ATM.
             Itulah salah satu inovasi fenomenal yang dilakukan oleh manusia. Manusia memang selalu berpikir maju dalam perkembangan baik pola pikir, dan tingkah laku. Dan, itu yang membedakan dengan mahluk ciptaan Tuhan yang lainnya.
            Namun jika dilihat ada satu sisi (sistem mata uang), misalnya; ketika sesorang ingin membeli kebutuhan sandang, pangan, dan papan seseorang tersebut tidak bisa memenuhi karena "harga" ,secara tidak langsung seseorang tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhannya.
             Contoh kasus; Seorang pemulung ingin memenuhi kebutuhan anaknya pendidikan, satu sisi dia ingin namun sisi lain dia tidak bisa karena tidak sanggup dalam membiayai sampai ke jenjang yang tinggi. Kenapa? dilihat dari penghasilan yang dihasilkan dari seorang pemulung hanya bisa menyanggupi kebutuhan sandang dan pangan, maka secara tidak langsung pemenuhan kebutuhan yang lain dikorbankan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar