Total Tayangan Halaman

Selasa, 21 Desember 2010

Paradigma Terbalik; Kelemahan dengan Kekuatan

            Marcus Buckingham dan Donal O. Clifton, Ph.D mengatakan bahwa kunci utama untuk prestasi yang tinggi, kesuksesan dan kebahagiaan adalah melalui upaya untuk mendayagunakan kekuatan kita, bukan dengan mengkoreksi atau mengatasi kekurangan dan kelemahan kita. Tahap pertama yang harus kita lakukan adalah menemukan dan mengenali kekuatan kita.
            Mengenali kekuatan dan Mengoreksi kekurangan memang hampir mirip secara bahasa, akan tetapi bila di lihat dari esensinya terjadi perbedaan yang mendasar. Satu sisi kita mengenali dan sisi lain mengoreksi, kecenderungan mencari sisi kelemahan diri tanpa sadar sebenernya itu malah menurukan mental dan pengaruh negatif akan keperibadian. Coba kita alirkan energi diri kita kepada kelebihan  potensi yang kita miliki maka pengaruh positif akan muncul tanda diduga dan akan menutupi kelemahan.
              Analogi; Seorang tunanetra yang kita tahu mereka tidak bisa melihat, jika dilihat secara fisik mereka terdapat kelemahan pada diri mereka. Lantas apakah mereka mengatasi kelemahan itu? Tentu tidak, mereka mencari dan potensi apa yang bisa mereka perbuat. Selanjutnya tunanetra tersebut membuat jasa "Pijit Tunanetra" yang mereka bisa meraup keuntungan di luar dugaan.
              Analogi lain; Messi yang bila di lihat ukuran tinggi badan kalah jauh dengan pemain lain, lantas kenapa messi bisa merubah kelemahan itu menjadi sebuah anugrah yang diciptakan Tuhan? Messi mengembangkan potensi yang dimiliki dengan melatih speed dan gocekan yang enak dilihat.
               Bila kita mengeluh tentang kelemahan, itu hanya alasan seorang pecundang yang hanya lari terhadap masalah. Seorang pemenang mempunyai sisi dalam hidup yang bisa merubah dari yang tidak ada menjadi ada, seperti kata-kata mutiara "Man Jadda Wa Jadda" bila bersungguh-sungguh pasti ada jalan.
               Soo.. Mulai-lah kenali potensi diri dan tutupi kelemahan mu dengan kelebihan yang anda miliki...
keep spirit to fight!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar